pasta a la pipitta

This entry was posted by on Tuesday, 20 October, 2009 at

Ritme memasak saya banyak berubah. Awal-awal punya suwami, saya selalu berusaha meluangkan waktu untuk masak makan malam untuk berdua. Tapi kok lama-lama jadwal kerja yang gak teratur pleus rasa malas kesibukan ini itu dan keinginan yang sangat kuat untuk gogoleran aja setelah pulang kantor, membuat suwami memutuskan saya gak perlu masak on weekdays. Hihihih… asiiiiiikkkk!!!

Jadilah jadwal masak saya hanya di hari sabtu dan minggu aja. Isn’t that funnnn…!!! cupcupmwahmwah, suwamiiii :)

Sedikit pamer berbagi resep anak kos, silakan dicoba masakan berikut. Gak ribet, kok, karena saya paling malas masak yang ribet-ribet. Dan harga belanjanya cukup bersahabat dengan isi dompet. Soalnya bisa untuk dua kali makan berdua, alias EMPAT PORSI. Dihitung kasar sih, sekitar 50rebu untuk masak resep ini. Trus kalau masih ada sisa saus dagingnya, bisa untuk campuran telur dadar atau dimakan aja ama nasi hangat. Enyaaaaaakkk…

Pasta a la pipitta ini terserah aja pastanya mau yang kayak gimana. Menurut suwami, kalau milih spaghetti maka rasa masakannya agak-agak mirip mie ayam, yang berarti kurang internasional dong, ya. Jadi supaya lebih gaya, dipilih fusilli untuk pastanya. Nah, kan berasa makan di cafe tuh jadinya?

Pastanya kira-kira 200 gram bisa dimakan dua kali untuk dua orang. Terutama dalam keadaan lapar seperti kami berdua. Direbus dalam air dan dikasih minyak sedikit aja supaya gak lengket. Maklum, belum punya wajan anti lengket.

Untuk sausnya, bahannya sebagai berikut:

  • Daging cincang 200 gram. Saya pernah coba 300 gram dan dagingnya buanyakk banget jadinya. Gak bagus untuk dompet, ingat, masih kos neeeh…
  • Bawang bombay 1 butir kalo gede, 2 butir kalo ukurannya kecil. Dicincang halus atau kasar sesuai selera
  • Tomat 2 buah, atau 3 buah kalau suwami doyan tomat, potong sesuai selera
  • Supaya lebih irit, lebih sehat, lebih berwarna, sausnya jangan cuma daging doang. Saya suka tambahin kacang polong dijual di kemasan frozen gitu. Secukupnya aja, rebus duluan.
  • Trus tambah juga sayuran lain, bisa brokoli atau wortel yang dipotong kecil-kecil.
  • Saus tomat botolan boleh dipakai kalau suka.
  • Garam, gula, merica, oregano dan rosemary sesuai selera
  • Minyak goreng

Nah.. itu bahannya.. Bikinnya sih gampang aja:

  • Panasin minyak untuk ngegoreng, trus masukin bawang dan tumis sampe harum
  • Masukin kacang polong, gula, garam, merica secukupnya
  • Tumis daging cincang sampai matang, tambahin oregano dan rosemary
  • Kalau mau agak berkuah, kasih air sedikit
  • Masukin tomat dan brokoli
  • Kalau pakai wortel, ditumis duluan sebelum daging, soalnya agak lama matengnya, kecuali suka wortelnya masih kriyes kriyes, boleh dimasukin belakangan
  • Voila, udah siap…

Untuk yang spaghetti hasilnya seperti ini

yang ijo-ijo itu brokoli ya, bukan pete!

yang ijo-ijo itu brokoli ya, bukan pete!

Dan yang fusilli hasilnya akan seperti ini

gak pakai brokoli, hanya polong aja

gak pakai brokoli, hanya polong aja

Paling enak dimakan berdua hangat-hangat, sambil rebutan saus sambal.. Oh ya, awas ya kalau ada yang ngomentarin porsi pastanya!! ;p

bon appetit…

3 Responses to “pasta a la pipitta”

  1. pipitta

    @ Sylvia : iya, gampang masak dan gampang makannya hehehehe… :p

    @ sinta : huayooooo… ngomentarin pastanya sih gpp, neng.. yang JANGAN dikomentarin adalah PORSINYA… wkwkwkwkwkw… ;p

  2. Anak ku pada demen juga tuh ama pasta. Rel gampang masaknya

  3. beuh!!! *mw ngomentarin pastanya, tapi takut kena jitak*


Leave a Reply