«

»

Dec 02

Hunting Sekolah Dasar di Bandung

Gak kerasa deh, ada satu anak kecil di rumah yang tahun depan bakal masuk SD!

Ihhhhh, kok waktu cepet banget berlalu siiihhh??? Mamaknya antara rela gak rela deh, kok bocah ini udah mau masuk SD lagi, trus entar SMP, trus SMA.. huaaaaaaaa T.T

Akhirnya saya ngalamin juga yang namanya pergulatan batin nyari SD yang cucok di kantong dan di hati, hahaha. Belum entar riweuh sama PR trus sama UTS – UAS kali ya.. ihhhh meni getek ngebayanginnya… sniff sniff…

Sebenernya syarat sekolahan buat si kunyil gak susah-susah banget sih. Maunya yang gak terlalu jauh dari rumah, fasilitasnya bagus, encourage si anak untuk bersaing dengan dirinya sendiri, bikin anak happy sekolah, menggali potensi anak, endesbre endesbre. Gak susah, kan? Hihihi..

Trus ya, entah kenapa pilihan saya sama sekali gak ke SD Negeri 😛 Padahal jaman saya dulu sih selalu sekolah negeri ampe SMA. Kuliah baru deh, masuk swasta karena kalah bersaing untuk masuk universitas negeri 😀

Pilihan SD yang masuk daftar adalah sebagai berikut:

Sekolah Dasar Bianglala

Jl. Sari Endah 19 – Sukarasa

Telpon 022 – 2002031

Letak sekolahannya gak terlalu jauh dari rumah. Si Ayah bisa lah antar jemput naik motor. Ekskulnya tampak asik, seperti Robo Club, Ice Skating, Baseball Club, Music Club, Photography, Computer. Dan setau saya Angklung jadi trademark sekolahan ini. Ada sepupu yang anaknya sekolah di sini, dan tampak happy banget karena sering ada acara pentas seni drama, dan oh ya, anak TK juga udah sering manggung main angklung di luar sekolah, hebat!

Biaya sekolah:

biaya sekolah SD Bianglala

Di SD Bianglala gak ada trial. Jadi modelnya langsung isi formulir dan daftarin anak dengan biaya Rp 500.000. Untuk biaya ekskul dan jemputan, saya gak sempat nanya-nanya.

 

Sekolah Kuntum Cemerlang 

Jl. Cipaku Indah XI No. 2

Telpon 022 – 2005667/2005668

Saya udah beberapa kali berenang di kolam renang Cipaku, tapi sama sekali gak ngeh kalo di sebelahnya itu ada sekolahan ini! Hahahaha.. kudet banget, sih. Sekolahan ini cukup jauh dari rumah. Si Ayah juga agak kuatir kalau harus antar jemput naik motor karena kontur jalannya naik turun, terutama kalau musim hujan, bakal pe-er banget nih kalau harus naik motor. Kegiatan ekskulnya jangan ditanya. Buanyak!!! Saya sebutin yang khusus anak SD aja, ya, mulai dari Kreator Cilik, Kid Quest, Biola, Gitar, Little Engineer, Drawing, Futsal, Wushu, Iqra, Robotik, Drama, Catur, Inline Skate, Basket Ball, dan Choir. Biaya ekskul beragam mulai dari Rp 150.000 – Rp 225.000 per ekskul. Jadi kalau anaknya pengen ikut banyak ya pastinya lumayan juga, nih, nguras dompet.

Pssstt…. itu baru ekskul yang gak wajib, ya. Ada lagi lho, ekskul yang wajib diikuti yaitu Renang, Computer, Olahraga lapangan, Lego, dan Wirausahawan Muda. Trus ada lagi ekskul wajib yang pilihan, Bahasa Mandarin atau Menulis Kreatif. *Lap jidat* banyak banget ini yaaaa pelajarannya 😀

Si Kunyil ikut trial di bulan Oktober lalu, karena kuota masuk SD penuh banget di sini. Ada 2 kelas untuk level kelas 1, dan per kelas muridnya sekitar 25-28 orang. Lupa pasnya berapa 😛 Jadwal sekolah Senin – Jum’at mulai jam 7.00 – 13.35. Jam 7 setiap pagi ini materinya kegiatan agama sesuai keyakinan masing-masing, dan berlangsung selama 30 menit. Jadi kalau terlambat datang ya gak kebagian acara do’a pagi ini. Ada 5 kelas agama, yaitu Islam, Katolik, Protestan, Hindu, dan Budha. Entah juga ya kalau ada penganut keyakinan di luar yang 5 ini apa dibuatkan kelas tersendiri atau gimana. Ini saya lupa nanya, soalnya yang riweuh ditanya mah gak jauh dari biaya sekolah, hahahahaaa….

Uang Pangkal Rp 17.250.000 (bisa 3x bayar)

Uang Tahunan Rp 2.850.000

SPP per bulan Rp 1.275.000

Katering Rp 320.000

For your info, SPP ini gak flat segitu terus, tapi tiap tahun akan naik sesuai dengan biaya tahun ajaran tersebut. Untuk perbandingan, di tahun 2016 SPP SD per bulan Rp 1.155.000 dan uang pangkalnya Rp 15.000.000. So kira-kira tiap tahun kena inflasi sekitar 10-15% *merenungi kalkulator*.

Luas sekolah gede bangeeeet, karena gedungnya jadi satu mulai dari Klab ABC, TK, SD, SMP, dan SMA. Kayaknya kalau sekolah di sini bakal sehat deh, soalnya kemana-mana kudu jalan kaki lumayan jauh 😀

Kamar mandi sistem kloset duduk dan di tiap bilik kamar mandi ada panic button.

Untuk makan snack dan makan siang, disediain semacam kantin dengan sistem prasmanan.

Info menarik di sini, anak diperbolehkan pakai kerudung atas kemauan sendiri mulai kelas 4 SD, dan diharapkan gak buka tutup kerudung. Jadi ini komitmen yang harus dipahami si anak. Untuk yang pengen ngecat rambut dengan pilihan warna rambut ‘normal’ seperti coklat muda atau pirang, jadi gak boleh cat rambut warna pink karena kan ga ada tuh orang lahir dengan warna rambut begitu. Ini juga dibolehkan dengan syarat nilainya bagus semua. Begitu ada nilai yang turun, si rambut kudu balik ke warna hitam.

 

SD Hikmah Teladan 

Jl. Amir Mahmud 177 A

Telpon 022 – 6004995

Tau gak, pas kesini di akhir Oktober ternyata udah waiting list aja dong untuk tahun ajaran 2017, padahal pendaftarannya belum dibuka! Katanya sih baru buka pendaftaran sekitar bulan Januari-Februari 2017 entar. Wuiiihhh, banyak banget ini peminatnya yah. Kuota murid SD kelas 1 kalau gak salah sekitar 120an gitu, dan si Kunyil pas datang ke sini udah nomer 140an.

Dari dua sekolah sebelumnya, SD Hikmah Teladan ini biayanya paling murah. Mereka belum keluarin biaya untuk tahun ajar 2017, jadi sebagai perbandingan di tahun 2016 biayanya segini:

Biaya psikotes Rp 275.000

Uang Pangkal Rp 10.000.000

SPP & Katering Rp 770.000

Seragam 3 stel Rp 500.000

Buku Rp 450.000 per tahun

Uang kegiatan Rp 560.000

Asuransi Rp 30.000

Siswa inklusi + Rp 525.000 per bulan

Jangan lupa inflasi ya, 10-15% jadi tinggal ditambah sekitar segitu.

Sekolah ini menerima siswa inklusi, maksudnya mereka yang misalnya tuna rungu, tuna daksa, pengidap spektrum autis, atau down syndrome, juga diterima untuk bersekolah di sini. Perbandingannya saya lupa berapa. Tapi untuk mereka disediakan guru khusus untuk mendampingi.

Infonya di sini gak ada PR, dan ada kewajiban untuk shalat dhuha dan dhuhur berjamaah. Termasuk siswa inklusi juga berkesempatan untuk jadi imam bagi teman-temannya, lho. Oh ya, perpustakaan sekolah ini juga punya koleksi buku sekitar 8.000 judul, dan menurut wakaseknya, perpustakaan jadi tempat favorit anak-anak di sini.

 

 

Nah.. udah berkunjung ke tiga sekolah, trus emaknya puyeng anaknya sekolah di mana yaaaaa 😀

10 comments

Skip to comment form

  1. Sandra Nova

    Sumpah sebenernya ghue ngga mau komen disini, ngeri cuy.. ntar kalau Raya SD bayarannya berapaaa… huhuhuhuhu.. tetiba merasa pusing ngecek buku tabungan.. XD

    1. pipitta

      ayooo cek aja dulu.. kalo tabungannya cukup kan tinggal kipas-kipas..

  2. imeldasutarno

    *kemudian pingsan setelah membaca uang sekolahnya*
    Jaman sekarang ya mbak uang sekolah mahal-mahal semua. Untunglah ortu masih boleh nyicil ya mbak 🙂

    1. pipitta

      iya bener… risiko milih sekolah swasta ya gini kali, ya?

  3. Lendyagasshi

    Belum survey selain DH dan Salman Al-Farisi.
    Seriuus deeh, mba..
    Aku gemeter mau daftar sekolah. Mengingat waiting list skolah keren-keren uda panjaang..

    Perlu daftar lebih dari 1 skolah ga siih, mba?

    1. pipitta

      Gimana di DH sama Salman? Share atuh.. mending di situ mah banyak sekolahan bagus-bagus.. Untuk daftar lebih dari satu sekolah tergantung sekolahannya kali ya, dan pilihan sekolahnya juga.. soalnya ada sekolah yang udah harus daftar saat itu juga, ada lagi malah belum buka.. Jadi buat cadangan kayanya gpp deh daftar lebih dari 1 sekolah, cuma pas urusan bayar ya mending udah pasti mau sekolah di mana

  4. Arman

    uang pangkal nya mahal2 banget ya…. 😀

    1. pipitta

      karena sekolah swasta kali ya.. kalo di amrik gimana sih sekolahannya? gratis kah?

  5. April Hamsa

    Wah jd ngebayangin nanti betapa aku jg akan bingug cari sekolah buat anak2u hehe
    TFS mbk

    1. pipitta

      bingung nyari gak apa-apa asal jangan bingung bayarnya kayak saya.. heheehehehe…

Please drop a line to say hi :)

%d bloggers like this: