«

»

Jun 16

Nasib Menyusui Bayi Tukang Tidur

Kirain nih, ya, kalau anak kedua mah bakal lebih mahir menyusui, lebih bisa ngatur waktu kapan kasih asi dan kapan bisa istirahat, bisa nyuri waktu untuk nonton Criminal Minds, bisa lebih nyante deh pokoknya..

Ternyata itu hanya impian belaka.

Setidaknya buat saya. Karena kok ya gak lebih jago, tuh. Masih aja sakit-sakit pas si Utun nyusu. Masih bikin nipple cracked, lecet, perih, dan akhirnya beberapa kali nyaris mastitis.

Beneran deh, yang sekarang malah rekor banget karena udah hampir 4 kali PD bengkak dan bikin panas dingin sampe harus minum paracetamil supaya berhenti panas dinginnya… 🙁 waktu jaman si Kunyil dulu mah cuma sekali aja, setelah itu gak lagi.. Nah sekarang malah gantian, PD kiri, kanan, balik lagi kiri, trus nyaris dua-duanya sekaligus…

Ampun deh..

Udah ke konsultan laktasi di rumah sakit, diajari perlekatan yang bener, tapi pas dipraktekin di rumah, bubar jalan… tetep aja si Utun mangapnya kecil mut-imut gitu… Nyobain pas dia nangis kenceng dan mangap lebar trus saya masukin nipple ke mulutnya biar menyusu di daerah areola, eh… dilepeh-lepeh, dan selaluuuuu aja dia menyusu dengan mangap imut-imut… huhuhuhuhuhuhu…

Akhirnya tiap momen mau menyusui saya udah pasang kuda-kuda duluan, karena pasti deh sakit 🙁 sempet muncul perasaan takut tiap kali mau menyusui, takut sakit maksudnya.. Ah… gimana sih ini…

Manalah si Utun kan sempet kuning melulu, begimana mau ngilangin kuningnya kalo dia juga rada malas menyusu. Iya sih, mau bangun untuk menyusu, tapi baru juga lima menit entar dia udah ketiduran lagi… Tiduuuuuur aja terus walo udah diuwel-uwel, bikin PD tambah bengkak dong ah…

Alhasil pumping jadi salah satu jalan keluar untuk ngosongin PD. Tapi kan itu juga ga bisa full ngosongin. Tetep perlu si Utun untuk bisa ngilangin simpul-simpul asi yang memadat di saluran asi PD.

Baca juga   :   Pilih-pilih Breastpump 2016: Spectra 9+ VS Medela Swing Maxi

Yang ada tiap kali abis pumping, PD berasa kayak abis digebugin deh.. 🙁

Apa ini gara-gara pas hamil si Utun itu saya demen banget bobok ya???

 

4 comments

Skip to comment form

  1. novia

    Anakku yg ketiga juga gitu, Mak. nipple lecet terus, tapi ya untung ga kuning dan ASInya cukup (kalau ga cukup kan pasti nenen mulu).

    btw, itu utun ga tongue tie? soalnya ponakanku sempet ngalamin gitu dan ternyata tongue tie. Kalo anakku belum dibawa ke dokter laktasi sih, tapi selama dia ga kuning dan abis mimik lanjut bobo berarti asinya cukup, hehe.

    1. pipitta

      saya sempet curiga tongue tie sih… tapi itu ceknya kemana ya?

  2. Noni Khairani

    dibaca2 aja dulu deh hehe

    1. pipitta

      semoga bisa cepet praktek ya non 🙂

Comments have been disabled.

%d bloggers like this: