«

»

Nov 02

Tujuh Destinasi Wisata Menarik Di Pacitan*

Indonesia ini negeri yang indah, ya. Di setiap sudutnya pasti mudah ditemukan tempat-tempat yang eksotis dan menawan hati untuk dikunjungi. Contohnya aja Pacitan, di timur Pulau Jawa sana. Pacitan punya daya tarik tersendiri untuk para wisatawan. Jangan salah, selain memiliki sejumlah pantai yang indah, karena sebagian besar wilayahnya terdiri dari pegunungan kapur,  Pacitan dikenal juga sebagai Kota Seribu Goa. Iya, Pacitan memiliki banyak goa yang indah, bahkan terkenal sebagai goa terindah se-Asia Tenggara. Hebat, kan? Mulai tertarik dong, untuk berwisata kesana 😀 Gak perlu repot-repot bawa tenda dan kompor segala. Untuk penginapan sudah ada banyak hotel bagus di dekat pantai dengan fasilitas yang oke banget.

http://mixedupalready.com/

sumber: mixedupalready.com

Salah satu pilihan hotel menarik yaitu Surfing Bay Cottages yang bertempat di Jalan WR Supratman, Pacitan. Dari balik jendela kita bisa  melihat pemandangan Pantai Teleng Ria yang bikin hati berdebar-debar saking indahnya. Selain itu lokasi cottages terletak dekat obyek wisata menarik seperti Air Terjun Coban Rondo, atau Pasar Bojonegoro, dan lain-lain. Tempat ini juga nyaman kok untuk liburan bersama keluarga.  Tinggal booking Surfing Bay Cottages di Traveloka.

  Sumber: kameradroid.com

Urusan penginapan selesai, ya. Lalu, enaknya berwisata kemana sih, di Pacitan?

1.Pantai Teleng Ria

Lokasinya hanya tinggal selangkah dari penginapan, Wuih, deket banget, ya! Bakal betah kayaknya saya main seharian di sini. Pantai Teleng Ria punya pasir putih dan ombak laut yang tenang. Membayangkan gegoleran di tepi pantai dengan pak suwami, trus si Kunyil dan si Utun asyik bikin istana pasir, atau kecipak-kecipuk berenang di pinggir sambil saling ciprat air laut, waaaahhhh pasti senang berlipat-lipat, deh! Akses ke pantai ini  mudah kok, hanya berjarak 3 km dari pusat kota. Sensasi alamnya  yang memukau bakal bikin ogah pulang 😛

2. Pantai Klayar

Pantai ini berlokasi di Desa Kalak, Kecamatan Donorojo. Jaraknya sekitar 45 km dari kota Pacitan. Pantai Klayar ini objek wisata yang paling terkenal. Kenapa? Karena di pantai ini bisa ditemukan keunikan yang tidak ditemukan di tempat lainnya. Pasir putih, checked. Batu karang, checked. Tapi gak hanya itu, dong. Celah batu karang yang besar, saat diterpa ombak akan menghasilkan suara yang mirip suara seruling. Bisa bayangin, kan, saat ombak datang dan menerpa karang, saat itu pula terdengar bunyi siulan. Huiwwwww… unik banget, kakaaaaaak! Selain itu karang raksasa di sana, ada yang mirip bentuk Sphinx, lho.. Cucok banget buat jadi bekgron foto 😀

3. Pantai Soge

Di Pantai Soge bisa kita temukan Jembatan Soge yang memukau. Jembatan ini panjangnya sekitar 50 meter, dan jadi ikon jalur lalu lintas selatan Pacitan. Banyak wisatawan yang menyempatkan untuk berfoto saat melintasi Jembatan Soge, soalnya pipa lengkung di jembatan itu eye catching sih dengan warna birunya 🙂 Selain itu ada danau kecil berair payau yang juga bisa disinggahi.  Cukup membayar Rp15.000 untuk sewa speed boat, kita bisa menikmati beberapa kali putaran mengelilingi danau. Jangan lupa untuk mengabadikan moment sunset di pantai ini, ya.. splendid!

4. Sungai Maron

Kalau di Pangandaran ada Green Canyon Cukang Taneuh, di Pacitan ada Green Canyon Sungai Maron. Sungai ini memiliki  warna air yang hijau, jernih dan sejuk. Di sisi sungai dipenuhi pepohonan hijau, yang bikin wisata susur sungai berasa seperti jalan-jalan di Sungai Amazon, ha! Bagusnya berwisata ke sini saat hari cerah, karena saat hujan air sungai akan berubah jadi keruh, sekeruh hatimu saat patah hati. Liburan kan jadi gak asik, broh 🙂

Lokasi Sungai Maron cukup dekat dengan Pantai Klayar, tepatnya di Desa Darsono, Pringkuku, Kabupaten Jawa Timur. Harga tiket masuknya Rp2.000,- saja. Kalau berminat menyusuri Sungai, kita harus menyewa perahu dengan harga sewa berkisar antara Rp100.000,- hingga Rp150.000,- per perahu.

Info menariknya, setiap tahun digelar lomba dayung di Sungai Maron. Lomba dayung ini dilakukan di sepanjang sungai dengan garis finish di muara Pantai Ngiroboyo, pantai yang dipenuhi dengan aktivitas Water Tubing dan Surfing.

tempattempatindah.wordpress.com

 Sumber: tempattempatindah.wordpress.com

Puas berwisata di pantai? Tenang.. Pacitan sebagai Kota 1001 Goa sudah pasti lah, punya obyek wisata lain yang gak kalah menarik, yaitu… goa! *menurut ngana?*

5. Goa Gong

Goa Gong ini katanya goa terindah se-Asia Tenggara, dan saya yakin gak kalah indah dengan stalaktit dan stalakmit di Luray Caverns, Virgina, Amerika Serikat. Goa Gong terletak di Desa Bomo, Kecamatan Punung, Goa Gong memiliki pemandangan stalaktit yang indah. Dengan kedalaman 700-800 meter, Goa Gong punya tujuh ruangan raksasa dengan keunikan masing-masing. Di salah satu ruangan bisa ditemukan Sendang Bidadari dengan air yang sangat jernih. Di ruang yang lain, ada batu unik yang ketika ditabuh akan mengeluarkan bunyi seperti Gong. Jadi, tahu kan, dari mana asal nama goa ini. Gak usah takut gelap, karena Goa Gong sudah dipasangi lampu temaram yang memantulkan warna-warni cantik di dinding goa. Bahkan akses masuknya pun telah dibangun, untuk kenyamanan pengunjungnya.

Eh, tahu gak, bedanya stalaktit dan stalakmit? Jadi yang -tit adalah fosil batu yang menghunjam ke bawah, sedangkan yang -mit adalah yang menumbuh ke atas.

6. Goa Tabuhan

Kenapa namanya Goa Tabuhan? Karena di salah satu sudut goa terdapat kumpulan stalagtit yang dapat menghasilkan bebunyian seperti gamelan. Keunikan tersebut dijadikan sarana oleh warga setempat untuk membentuk kelompok gamelan dengan stalaktit dan stalakmit sebagai alat musiknya, dan bunyi-bunyian yang dihasilkan menjadi orkestra nada. Saya kurang mengerti sih, efek apa yang akan terjadi jika stalaktit dan stalakmit ini ditabuh, tapi saat berkunjung ke Luray Caverns, wisatawan dilarang menyentuh stalaktit dan stalakmit di sana, karena khawatir akan merusak proses alami yang terjadi pada bebatuan itu.

Eniweeeeey, Goa Tabuhan bertempat di Kecamatan Punung, yang jaraknya tidak terlalu jauh dari Goa Gong. Kedalamannya sekitar 100 meter, dan memiliki dua ruangan yang pada mulanya dijadikan tempat untuk bertapa saat goa ini belum dijadikan obyek wisata. Psssttt… konon dahulu goa ini juga jadi tempat Pangeran Diponegoro bertapa, lho…

7. Goa Luweng Jaran

Dalam bahasa jawa, luweng berarti lubang, dan jaran berarti kuda. Goa Lubang Kuda? Iya, konon jaman dulu ada satria berkuda yang hanyut ke dalam goa ini. Goa ini memiliki lorong yang sangat panjang dan terhubung dengan Goa lainnya, namun karena akses masuknya vertikal, yang banyak berkunjung ke sini adalah mahasiswa pecinta alam, karena untuk masuk ke dalam goa vertikal perlu keahlian khusus, serta ijin khusus dari Badan Kesbangpol dan Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Pacitan.

Goa Luweng Jaran terletak di Dusun Kasri, Desa Jlubang, sekitar 40 km dari pusat kota, dan menjadi goa terpanjang se-Indonesia dengan panjang total + 25 km. Wah, hebat ya, Pacitan!

Nah, bagaimana? Semoga bisa menjadi referensi liburan ke Pacitan, ya! Selamat berlibuuuur… 🙂

10 comments

Skip to comment form

  1. syanu

    Makasih udah kasih referensi menarik buat liburan selanjutnya, mbak.

    Salam,
    Syanu.

    1. pipitta

      sama-sama.. thanks udah mampir ya 🙂

  2. saudagarmebel

    kayaknya bisa di rejomendasikan untuk di kunjunggi, pas pulang dari SBY nih,,,,,, buat reffresh sejenak,,,thaks yah infonya

    1. pipitta

      sama-sama.. terima kasih sudah mampir 🙂

  3. Sandra Buana Sari

    Aku pernah baca tentang Coban Rondo dan pengen jalan-jalan ke Pacitan setelah baca tulisan ini, butuh pikniiik, bos kok ngga cuti sih pas Desember #eh #kokcurhat jjijijijiji

    1. pipitta

      ayoo piknik ajaaa.. bos mah biarin aja ngantor 😛

  4. dewinielsen.com

    Yang ke goa itu kayaknya seru ya…suka masuk goa walau rada takut sama gelap…

    1. pipitta

      hehehe.. kalo di dalamnya gelap ya serem sih, tapi biasanya disediain senter/dipasang penerangan gitu di dalam goa..

  5. Arman

    gua belum pernah jalan2 masuk goa.. kayaknya seru juga ya…

    1. pipitta

      seru kok.. saya pertama kali liat gua yang ada stalaktit ama stalakmitnya juga di Virginia itu, unik banget sampe ada stalakmit dan stalaktit yang nyambung, jadi dari atas ketemu ama yang dari bawah.. keren banget.. trus ada juga yang nyusun kayak rambut mamanya bart simpson gitu.. gak tau deh ada gak gua begitu kalo di LA..

Please drop a line to say hi :)

%d bloggers like this: