«

»

May 11

Demam Pada Balita

Emak mana yang nggak galau kalo anaknya ujug-ujug anget jidatnya?

Saya sih termasuk ke dalam golongan yang galau πŸ˜› tapi sesuai arahan dan hasil nanya-nanya ama DSA si Kunyil waktu masih di Jakarta dulu, DSA yang masih jadi favorit sampai sekarang, dokter Triana, kalo masih bisa home treatment mah ga usah ke dokter sih. Dan ini ternyata berlaku juga buat si Kunyil. Buat anak-anak lain mah gak tau ya, tergantung ama emak masing-masing tentunya πŸ™‚

Soalnya pernah tuh, pas hari pertama badannya anget, langsung aja digotong ke RS tempat praktek dr. Triana. Yang ada malah diketawain πŸ™ Secara panas yang perlu dibawa buru-buru ke dokter katanya sih kalo panas lebih dari 3 hari, atau panas di atas 40 derajat. Ukurnya pake thermometer ya, jangan pake tanganmeter.

Trus gimana cara home treatmentnya? Dari hasil nanya dan baca berbagai artikel, termasuk juga dipraktekkan sih… gini nih..

1. Cek suhu anak secara berkala. Ini juga kan supaya tau gimana pola panasnya. Apa cenderung panas naik di sore hari? Atau malah cenderung panas di pagi hari. Yang kayak ginian kan suka ditanyain ama dokter. Kalo gak ditanya juga saya mah ceritain aja pola panasnya biar dokternya dapet info sebanyak mungkin πŸ™‚

2. Sering dikasih minum. Ini udah tahap terserah-mau-minum-apa-yang-penting-banyak-minum. Air putih, jus kotak, teh manis, air sup ayam, terserah aja pokoknya harus banyak masukin cairan deh. Tapi.. saya kan gak ngasih anak saya jus kotak! Banyak gulanya! Nanti giginya jelek! Gak sehat! Ya bikin ajalah jus sendiri. Tapi di tahap lagi sakit kayak gini mah menurut dr. Triana yang penting masuk banyak cairan dulu. Ntar kalo udah sembuh kan bisa distop jus kotaknya.

3. Banyakin makan. Ini dilema juga. Kalo pas panas anaknya masih lincah sih no problemo, palingan jangan dikasih main di luar rumah, biasanya blem-blem-blem masih mau makan. Tapi kalo anaknya lemes, ga nafsu makan, maunya bobok terus.. nah ini yang mesti diwaspadai.. berarti sakitnya kerasa banget ama tuh bocah.. apalagi kalo pake acara mogok makan, haduuuuhhhh berkeping-keping deh hati emaknya..

4. Banyakin istirahat. Main gambar-gambaran, oke. Nonton tipi sambil tiduran di sofa, bolehlah, asal jangan nonton tv lokal πŸ˜› Tapi kalo udah naik turun tangga sambil jerit-jerit, it’s a big no no. Yang ada ntar emaknya ikut pusing kepala. Kalo bisa tidur siang lamaan dikit, tentunya lebih baik. Emaknya jadi bisa nonton Walking Dead ama Constantine dengan khusyu.

5. Perlu minum penurun panas? Kalau panasnya tinggi, di atas 39 derajat, ya kasih aja parasetamol sesuai umur dan bb anak. Supaya anak juga lebih nyaman istirahat. Tapi secara anak saya mah susah banget dikasih obat, ya palingan saya glonggong air aja.. πŸ˜› dan alhamdulillah biasanya sih manjur.. demamnya jarang lebih dari 3 hari. Tapi daya tahan anak sama demam beda-beda kali ya? Seperti saya bilang, masing-masing emak pasti lebih tahu..

6.Β Β Perlu dibuntel-buntel? Kata saya gak usah sih. Pake aja baju katun yang nyerap keringat. Tambahin kaos kaki kalo itu bikin emaknya lebih tenang πŸ˜€ Atau juga jaket supaya bapake gak brisik komplen kenapa-itu-anaknya-dibiarin-aja-kedinginan. Senyamannya si anak sih. Kan kalo balita udah bisa protes. Bisa banget!

Udah sih, gitu aja. Barangkali ada yang mau nambahin? Jangan lupa, kalo demam udah lebih dari 3 hari ya harus ke dokter supaya bisa dipantau. Konon sekarang ada lho virus yang bikin demam naik turun terus ampe seminggu. Apa nggak mpot-mpotan tuh emak-emak yang punya balita yang lagi sakit. Tapi pastinya emak-emak udah tau deh mesti gimana kalo anaknya sakit. Titip aja, jangan panik ya mak.. dan jangan mewek-mewek juga πŸ˜› Stay strong for our baby.. (Issshhh teori!).

*Postingan ini dipersembahkan untuk si Kunyil yang demam ampe 38 derajat sejak sabtu lalu, tapi hari ini udah stabil di 36.5 derajat. Jangan lupa minum yang banyak, makan yang banyak, dan bobok yang banyak.. Besok gak usah sekolah ya, main aja di rumah πŸ™‚

 

6 comments

Skip to comment form

  1. Lidya

    Cepet sembuh ya buat anaknya, kalau anak demam orang tua suka khawatir ya

    1. pipitta

      iya betul mak.. πŸ™‚ terima kasih yaaa

  2. sondang

    Sebenarnyaaaa ke dokter itu paling sering buat menenangkan hatiii ahahaha memastikan oh emang beneran gakpapa , jadi sepanjang kita ngerawatnya kita juga hatinya lebih tenang. Makanya emang penting deh milih dokter anak yang RUM, soalnya kebayang ya kalo kita panik ketemu sama dokter matre, bakal habiiiis dieksploitasi duit dan asuransinya hiks

    1. pipitta

      betoooolll… dan sekarang baru kepikiran mesti nyari dsa RUM di sekitaran Cimahi.. duhh pe-er banget kalo ga punya cadangan dsa selain Prof. Alex di Limijati. Yang RUM di Hermina Pasteur siapa ya.. manapun RS di sekitaran sini ya begitulah kondisinya πŸ™ yang terdeteksi suka mengeksploitasi malah ada 3 nih..

  3. Dani

    Setujuuuu banget Mbak Pipit. Dokter anak saya beberapa kali ketawa aja karena pas setelah hari ketiga kami ukur masih anget dan pas kami bawa ke sana emang masa pemulihan. Kata dia tenang aja sih ditunggu lagi. Kalo gitu cuma kasih dia duit ke dokternya aja. Hahaha.

    1. pipitta

      embyeeer… udah diketawain, mesti bayar pulak πŸ˜€ semogalah anak-anak selalu sehat, kalopun demam cukup 1-2 hari aja dan kemudian pulih lagi trus makan yang banyak biar pipinya gembil lagi.. Aamiin…

Comments have been disabled.

%d bloggers like this: