«

»

Dec 14

Kisah Si Kunyil dan Serangga*

Alkisah ada seorang anak kecil yang sayang binatang. Sebut aja namanya Kunyil. Salah satu jenis binatang yang disayang adalah serangga. Saking sayangnya kadang-kadang nyamuk juga gak boleh diraketin. Errr.. tau kan, diraketin itu diapain? Jadi ada seorang jenius yang ciptain barang berbentuk mirip raket tennis, pakai tenaga listrik supaya jauh lebih hemat, dan kalo dinyalain bisa dipake untuk nge-smash nyamuk-nyamuk bandel yang lagi asik terbang mencari mangsa. Nama barang ajaib itu adalah raket nyamuk, in case you didn’t get the idea :p

Nah, si Kunyil ini saking sayangnya sama nyamuk, kadang suka ngomel kalo ibunya sibuk nyemes-in nyamuk-nyamuk. Maklum, di rumah ada beberapa tanaman yang mengundang nyamuk untuk bergerombol di situ. Untunglah setelah dia beberapa kali bentol digigitin nyamuk, akhirnya sih gak ngomel-ngomel lagi kalo ada yang lagi ngeraketin nyamuk.

Sama kecoa pun, gitu. Waktu ibunya masih sok gengsi, dan pura-pura cool menghadapi kecoa yang suka tiba-tiba nongol di kolong meja, si Kunyil cukup berani untuk deketin ujung hidungnya ke si kecoa. Sambil nanya ini apa dan itu apa. Lain cerita pas suatu hari si ibu bertemu dengan kecoa terbang. Ngeliat ibunya jerit-jerit dan melompat-lompat gak keruan, sekarang sih si Kunyil pasti lari dan naik ke atas sofa sambil ribut nunjuk-nunjuk: Cococoa! Cococoa! Gitu katanya. Belibet kali ya, antara cucunguk ama kecoa.

Nah, pas musim ujan begini, muncul jenis serangga baru yang menarik perhatian si Kunyil. Tak lain dan tak bukan adalah siraru. Bahasa Indonesianya Laron, ya? Dia tertarik banget ama siraru yang menggerombol banyak, terbang-terbang, gak lama muter-muter doang di lantai, dan akhirnya sayapnya lepas. Belum lagi suka ada atraksi dari cicak-cicak yang bermunculan entah darimana, trus makanin siraru. Wah.. seru bangetlah tampaknya buat si Kunyil.

Suatu sore setelah hujan deras, si Ibu pulang ke rumah. Sampai di rumah, dia disambut hangat sama si Kunyil. Aku punya sesuatu! Aku punya sesuatu! Gitu katanya sambil narik-narik tangan ibunya. Jadilah mereka berdua duduk sebelahan di sofa.

Langsung aja si Kunyil nyodorin seekor siraru tanpa sayap. Nyuruh emaknya megang siraru!

Hiiiiyyyyy… geli banget gak siiiiiihhhhhh  -__-‘

Ngeliat ibunya nolak-nolak megang siraru, eh.. si Kunyil malah naro sirarunya di atas tangan si Ibu.. Huaaaaaaaaa… jantung ibunya nyaris copot! Otomatis sirarunya dia jentik jauh-jauh.. Pffffft… Go away, siraru!

Lalu sedetik kemudian si Kunyil nangis dong, dengan tangisan yang teramat sangat pilu. Air matanya langsung ngalir gak brenti-brenti. Ehyaampuuuunnnn, jadi si Kunyil lebih meduliin perasaan siraru itu daripada emaknya, nih?

Si Ibu ya antara pengen ketawa dan pengen jaga wibawa gitu, deh.

Langsung aja si Kunyil dipeluk, dan ditanya kenapa dia nangis. Seperti sudah diduga, sambil terisak-isak dia bilang mestinya ibunya gak usir sirarunya. Nanti siraru sedih dan kesakitan. Kasihan. Haduhaduhaduhaduhaduuuuhhhh… gimana yaaaah… 🙁 Di satu sisi Ibunya seneng punya anak yang sayang sama binatang, tapi di sisi lain, aduhaiiiii geli-geli jijik gitu deh, kalo sampe mesti megang-megang serangga kecil mengerikan ituuuuh…

Keliatan gak ada siraru lagi nemplok di jempol? 

Akhirnya demi supaya si Kunyil berhenti nangis, dan demi jaga wibawa bahwa si Ibu berani kok, pegang serangga -__-” akhirnya si Ibu ngijinin si Kunyil untuk naro seekor lagi siraru tanpa sayap di blazernya. Blazer aja yaaaaa, jangan di tangan! Sambil nahan-nahan keinginan untuk teriak-teriak jijik. Duhhhhh, pengorbanan banget, dah! Kasih ibu itu sepanjang masa, ya!

Sambil senyum dan ketawa senang, si Kunyil naro seekor siraru, trus dia sibuk cerita tentang banyaknya siraru yang mampir ke rumah sejak sore tadi. Saat si Kunyil meleng, ibunya langsung buka blazer dan ngejentik siraru yang masih aja nempel di situ. Akuh tak sangguuuuuppppp… Gitu deh, jeritan hati si Ibu.

Sejak saat itu, kalo hujan, si Ibu gak pernah lupa berdoa.. semogaaaaaa gak ada lagi siraru yang nyasar masuk ke rumah!

4 comments

Skip to comment form

  1. Lidya

    wah berani ya pegang serangga, aku aja takut loh 🙂

    1. pipitta

      samaaaaa… saya juga takut.. 😀 tapi kalo liat saya takut melulu, ntar jangan-jangan dia malah alergi deket-deket ama binatang, sama kayak saya hehehehee… jadi apa boleh buat, kadang-kadang jaga image pura-pura berani hehehehehe

  2. @danirachmat

    Daya kalo laron mah gapapa Mbak. Asalkan jangan kecoa terbang aja. Hahaha. Saya sih kalo ada kecoa sok cool biar A gak ikutan takut tapi tetep tahu kalo binatang itu kotor. 😀

    1. pipitta

      kecoa terbang itu emang makhluk yang paling bikin jantung empot-empotan.. kalo kecoa sih emang gak pernah dikasih pegang, kan jijik… cuma ngegebuknya juga kan butuh keberanian hihihihi

Comments have been disabled.

%d bloggers like this: