«

»

Jan 08

Ngidam, Penyebab Anak Ngeces?

Coba ngacung, ibu hamil yang pas masa kehamilannya gak pernah ngidam?

Saya mau tepuk tangan, soalnya ๐Ÿ™‚ Abisan hebat banget, sama sekali gak pernah ngidam ๐Ÿ™‚

Pas hamil anak pertama kan, katanya saya hamil kebo karena sama sekali gak ‘nyusahin’. Gak berasa mual, gak milih-milih makanan, gak riwil, tapi tetep aja pernah ngerasain ngidam walo cuma 1-2 kali aja ๐Ÿ™‚ Waktu itu pengen banget makan kue cubit. Eh ya kok pas ngidam kue cubit, pas bareng ama liburan sekolah. Manalah tukang kue cubit kan biasa mangkal di depan sekolah-sekolah, no? Jadi rada susah juga nyarinya saat itu. Dan waktu itu kue cubitnya belum kekinian, belum masuk mall dan gak ada rasa grinti-nya. Yang ada cuma pilihan polos ama yang dikasih taburan meses doang di atasnya.

Sempet beberapa hari susah nemu kue cubit, akhirnya di suatu hari Jumat setelah Jumatan, suwami nemu seorang tukang kue cubit lagi keluyuran di Mega Kuningan. Hoooraaaay!ย Gak bakal ngeces deh, anaknya!

Hahahaha…

Lagian, kenapa sih mitosnya kalo ngidam yang gak kepenuhin itu anaknya bakal ngeces?

Bukannya emang setiap bayi bakal melalui fase ngeces-ngeces, ya? Mbuh.ย Tanyalah pada rumput yang bergoyang ๐Ÿ˜€ Kalo buat saya pribadi sih, ini mah mitos aja ๐Ÿ™‚

Oh ya, gak lama setelah itu tetiba pengen banget makan rambutan. Padahal lagi gak musim rambutan! Nah, lho… Suwami sempet puyeng. Dia mah kuatir banget kalo anaknya entar bakal ngeces-ngeces kalo gak keturutan ngidamnya ๐Ÿ˜› Jadilah dia pusing sendiri kek nyari jarum di dalam tumpukan jerami. Gimana caranya coba, nyari buah yang lagi gak musim? Untung aja ibu saya punya ide nyari di salah satu toko buah impor di Bandung. Eh, nemu dong! Rambutannya rambutan binjai, dan harganya muahaaaaalll banget. Yalah, secara lagi gak musim. Trus si rambutan ini dikirim pake paket ke Jakarta. Saat itu saya kan masih penempatan di Jakarta. Saya cuma makan satu bijik doang, trus sisanya ogah makan lagi. Hihihihihi.. suwami cuma bisa geleng-geleng kepala dan berusaha memaklumi.

Nah… di kehamilan kedua ini, rada riwil nih. Pake acara bedrestย segala. Keliyengan gegaraย Morning sickness,ย dan gampaaaaaang banget ngerasa capek. Makan pun agak-agak gak berselera, sampe pas bulan keempat disemprot ama dokter, gegara bukannya naik, BB malah turun setengah kilo. Takutnya berpengaruh ama BB si Utun.

Ya abis gimana, emang makanan yang dijual di sekitaran kantor gak ada yang enak. Solusinya bawa bekel dari rumah. Tapi lama kelamaan juga suka bosen, jadi makan secukupnya aja. Dan hasilnya ya itu tadi, BB malah turun setengah kilo. Kek lagi diet aja. Duuuhh.. bawaan Utun kali ya, kok kehamilan yang kedua ini rasanya ribet banget ๐Ÿ™

Belum lagi riwil soal ngidam.

Beberapa minggu lalu saya kepengen banget makan arum manis. Tau, kan? Jajanan bocah yang dikenal juga dengan nama rambut nenek. Itu juga biasanya gampang banget nyarinya. Lah, pas saya kepengen kok ya susah. Nyari ke supermarket deket kantor aja ngedadak gak ada. Di supermarket yang rada jauhan juga gak ada. Issssshh…. kzl. Untunglah gak lama ketemu. Suwami lagi yang kelimpungan nyari ๐Ÿ˜› ternyata nemunya di bakery gak jauh dari kantor. Hohohohoho… beli setoples isi 6-an gitu, yang dimakan cuma separonya ๐Ÿ˜›

Asiiiikkk… anakku gak akan ngeces entar!

Kemaren-kemaren pengen makan cream soup. Tapi ini ngidam yang gampang, sih. Ibu saya udah biasa dan jago banget bikin cream soup. Nyari bahannya pun gak susah. Jadi besoknya langsung aja dibikinin. Nom nom nom nom nom. Enyaaaaak! Sepanci lho, saya abisin sendiri… *tutupmuka*

Naaaah… hari ini nih, mendadak aja kepengen makan bitterballen. Kebetulan hari ini juga bisa keluar kantor pas jam makan siang. Buru-buru dong, ke supermarket paling deket dan nyari cincang daging sapi. Daaaaan… apa yang terjadi cobaaaaaa….

Yak betul! Stok cincang daging sapinya KOSONG!

Hiiiiihhh.. kok bisa kebeneran banget sih kosong? Biasanya juga kalo ke situ gak pernah deh, kosong. Selalu ada! Lah ini pas saya kepengenan banget, kok ya gak ada barangnya…. Huhuhuhu… syedihnya. Padahal bahan-bahan pelengkap kek susu, tepung roti, bombay, keju quickmelt, semuanya udah ada. Tinggal beli bahan utamanya, ya si daging cincang inilah.

Hatiku pilu ๐Ÿ™

Sabar nunggu ya, Utun.. Jangan ngeces-ngeces dulu.. Ibun ntar nyari deh daging cincangnya ke toko lain..

Psssst.. Masak sih, pas saya baca-baca, katanya kalo ibu ngidam makanan yang manis-manis dan makanan yang mengandung produk susu, katanya itu termasuk ciri-ciri anaknya perempuan, lho! Hihihihi… apa iya ya? Kalo ini mah nanti aja kita buktikan, ya ๐Ÿ™‚ Sekarang saya mau hunting daging cincang dulu ๐Ÿ˜›

12 comments

Skip to comment form

  1. Vixalexa

    Sepertinya mitos kak, btw penjelasan ilmiah ngidam itu apa yaa ? jadi penasaran juga ๐Ÿ˜€

    1. pipitta

      kalo ga salah pernah baca artikel tentang ini.. jadi ini semacam “jeritan” dari tubuh *halah* kalo dia kekurangan mineral/kalsium/vitamin tertentu.. jadi kepengen makan makanan tertentu yang mengandung zat-zat itu…

  2. sondangrp

    Ahahaha aku percaya ah ngidam karena badan kita nyari makanan yang lagi dubutuhkan zat zat di dalamnya dan mungkin jarang kita makan. Harusnya ya. Meski akupun ragu ahahahahahah itu alasan eikeh aja biar bisa makan enak, tapi pas ephraim aku ngidam maunya daging dagingan, untung gak spesifik musti daging yang udah jadi sate dan dijual MAng Abud misalnya gitu kayak temenku hahahahah harus spesifik tukangnya masaaaaa’, pas Gaoqi aku hampiiir tiap hari makan bubur ayam buat sarapan, jadi rajin beli buray seberang Al Islam dan malamnya buray Pikian Rakyat. Pas Gama kayaknya pengen semua deh, ini agak gaya pas dia seminggu 2 kali nongkrong di Origin (eh skrg dah tutup yaaak) dan bakso baksoan, gak jelas deh tapi gragas pastinya segala masuk. Keturutan semua kok, tapi Gama lebih lama periode ngecesnya, jadi gak bisa terbukti secara empirislah ngidam dan ngeces hubungannya pegimane, tapi yg jelas enak aja makan pas hamil ada alasaaaaan

    1. pipitta

      zat apa yaaaa.. kok yang diidamin biasanya kepikirannya yang enak-enak semua hahahaha.. pokonya manfaatkan lah ini sebagai masa bisa makan segala sesuatu tanpa dihakimi hahahaha…

  3. sarrah ghina

    momen ngidam itu sebenernya buatku saat dimana ibu hamil diperhatikan secara ekstra.. hihi.. senengnya tuh pas keluarga heboh cariin barang yang dimau. hmm, kayanya aq jg lagi ngidam daging cincang nih buat bikin spaghetti.. *toss*

    1. pipitta

      kemaren daging cincangnya dapet.. trus bikin bitterballen.. trus gagal.. trus ilfeel deh… hiksss :(((

  4. Ranny

    Mitoss mitoss mbak hehehehe
    Kalo saya, anak pertama morning sicknes sampai 5 bulan, kalo kedua hanya sampai 3 bulan. Etapi, yang anak kedua nih pengin banget makan ini itu sampai 9 bulan hahahaha aduh emaknya aja yang rakus kali yaa ๐Ÿ˜€

    1. pipitta

      woooooowwwwww… morning sicknessnya lama juga ya sampe 5 bulan..

  5. dey

    Daging cincangnya masih ngumpet, hehhe.

    Dulu saya ngidam pengen kedondong kupas yg biasa dijual mang2 di lampu merah. Dibeliin kedondong sama suami di tukang rujak malah ngga dimakan, beda rasanya .. :D. Padahal mah sama2 kedondong ya.

    1. pipitta

      hahahaha.. ampun yah yang namanya ngidam teh sok aya-aya wae ๐Ÿ˜€

  6. Dzulkhulaifah

    Ngeces itu cuma mitos kok mak. Aku pun waktu hamil kepingin makan nasi goreng daun mengkudu. Hari gini, dimana pula nyari daun itu. Huhu. Akhirnya gak keturutan sampai melahirkan. Alhamdulillah anakku ganteng-ganteng aja tuh, gak ngeces. Hihihihhh…

    Semangat ya nyari daging cincangnya. Heheheee…

    1. pipitta

      Hahaha.. iya sih.. saya juga nganggepnya mitos, tapi biasanya yang di sekitar kita yang suka heboh ikutan nyariin dengan alasan takut anaknya ngeces ๐Ÿ˜›

Comments have been disabled.

%d bloggers like this: