«

»

Jan 13

Petisi Yang Membuat Perubahan

Pernah dikirimi ajakan untuk menandatangani sebuah petisi?

Saya sering. Mulai dari ajakan untuk menolak menyantap daging hiu, menolak bullying di sekolah, hingga ajakan menolak diskriminasi bank pada tuna netra.

Kebanyakan petisi yang menyangkut hidup masyarakat luas, ataupun yang berhubungan dengan kemanusiaan, biasanya saya tandatangani dan sebarkan. Tapi ada juga sih petisi yang ‘rasanya’ gak sreg di hati saya, gak saya apa-apakan 😛 Boleh dong, milih petisi mana yang mau kita sign atau kita tolak?

Memutuskan untuk turut serta dalam satu petisi, dan kemudian menyebarkannya menurut saya memang tergantung kata hati. Ya kalau kita gak merasa “klik” dengan isi petisinya, bagaimana mau mempertanggungjawabkan ‘suara’kita dalam petisi itu, belum lagi menyebarkannya pada lingkaran pertemanan.

Saat awal menandatangani petisi, terkadang ada perasaan “ah, masa sih suara saya bisa memberi pengaruh?” atau muncul perasaan pesimis “ah, bikin kayak beginian doang apa iya bakal didengar? Apa iya ada imbasnya? Apa iya bakal ada perubahan?”.

Ternyata… ada! Wooowww… Mejik!

Dari sekian banyak petisi yang turut saya tandatangani dan sebarkan sepanjang tahun 2013 lalu ternyata cukup banyak petisi yang berhasil membuat perubahan besar!

Berikut saya kutipkan laporan dari change.org :

1.       www.change.org/Daming
Ini petisi yang menolak mendukung  calon hakim agung yang membuat candaan soal korban perkosaan.
Petisi ini menolak diskriminasi salah satu layanan airlines pada pengguna kursi roda. Hasilnya? Airlines tersebut mengubah pelayanannya pada penyandang disabilitas.
Petisi ini berhasil mengubah kebijakan salah satu bank terbesar di Indonesia atas pelayanan terhadap penyandang tuna netra.
Petisi ini berhasil membuat walikota saat itu—Dada Rosada menarik kembali ijin pendirian bangunan komersial di hutan kota Babakan Siliwangi Bandung.
Petisi ini berhasil membuat Walikota Depok batal menggusur sekolah Masjid Terminal di Depok.
Petisi yang berhasil membatalkan ijin Gubernur Bali untuk komersialisasi Taman Hutan Raya di Bali selama 75 tahun ke depan.
Pendirian Pabrik baja di Trowulan,  dulu pernah menjadi ibukota Majapahit, berhasil dibatalkan karena petisi ini.
Pengerukan ikan dengan bom laut yang merusak terumbu karang di Kepulauan Mentawai makin meraja lela, dan petisi ini berhasil menarik perhatian hingga tingkat internasional. Akhirnya, nelayan luar yang mencoba melakukannya lagi ditangkap dan diadili.
9.       www.change.org/SOSharks
Untuk menyelamatkan populasi hiu yang kerap dibunuh hanya untuk diambil siripnya, akhirnya Garuda Indonesia pun ikut menghentikan 36 ton kargo produk hiu per tahun.

Wow… ternyata mamak-mamak macam saya bisa ikut bersuara dan membuat perubahan! Ciyeeeehhh… gaya kali pun… Semoga di tahun 2014 ini makin banyak suara yang bersatu, dan bisa membuat perubahan yang lebih baik!

Ingin ikut menandatangani petisi? Klik saja http://www.change.org/id

Yuk mareeeeeeee… kita buat perubahan 🙂

6 comments

Skip to comment form

  1. estu

    Iya yah .. Padahal cuma klik klik doang .. Ternyata berpengaruh yaaa .. 🙂 klik klik kita yang berarti kepedulian kita ternyata bisa merubah sesuatu .. Boleh dong berbangga hati ..:)

    1. pipitta

      neng estuuu… selamat datang di dunia perblog-an 😀

  2. anymous

    iya sis, perubahan di awali dari hal hal kecil

    Tour Teluk Kiluan

    1. pipitta

      betul banget.. 🙂 ikutan bikin perubahan juga yuk…

  3. Lidya

    buat perubahan untuk masa depan ya

    1. pipitta

      betoool… tampak sepele, tapi begitu ada hasilnya.. seneeeeeng banget 🙂

Comments have been disabled.

%d bloggers like this: