«

»

Jan 23

Pulang by Leila S. Chudori

Buku ini resmi jadi buku pertama yang selesai saya baca dalam rangka memenuhi target baca tahun ini 🙂 Akhirnya saya kebut semaleman, dan berakhir dengan tidur jam 4 pagi. Soalnya kalau bacanya pagi atau siang pas si Kunyil bangun, palingan saya cuma berhasil baca satu atau dua halaman aja. Lah, dia suka main rebut aja sambil berisik mau baca! mau baca!

Saya udah jelasin kalau ini buku orang besar. Gak ada gambarnya. Huruf semua. Buku anak-anak itu kayak A Very Hungry Caterpillar, atau Goodnight Moon. Atau seri Franklin. Jadi jangan gangguin Ibun baca dooong. Tapi ya tetep aja kalau saya nekat baca di depan dia, berakhir dengan rebut-rebutan buku dan lengkingan si Ibun yang takut bukunya rusak 😀

Jadi saya ngalah deh, bacanya pas dia udah tidur aja. Yang mana ngeloninnya lamaaaaa banget karena si Kunyil gak tidur-tidur dan ngomooooong terus. Haisssshhh…

Reviewnya ada di goodreads saya sih, tapi saya kopi aja ya di sini. Biar sekalian 😛 Sekalian ngasih tau isi bukunya..

Mata saya berkaca-kaca saat membaca saat-saat terakhir Hananto harus berpisah dengan Kenanga. Bagaimana seorang gadis muda dipisahkan dengan begitu keji dengan ayahnya?

Membaca ‘Pulang’ seperti belajar sejarah dari sudut yang berbeda. Sudah pasti saya termasuk generasi yang dicekoki dengan stigma Komunis. Persentuhan dengan hiruk pikuk aksi 1998 yang mungkin ‘menyelamatkan’ saya dari cuci otak ala orde baru, dan sedikit banyak saya bersyukur tidak tercetak menjadi Rininta, dan semoga keluarga saya kelak tidak seperti Keluarga Pri.

Saya klik empat bintang untuk buku ini. Kenapa gak lima? Karena saya sedikit terganggu dengan karakter Lintang Utara pada saat dia sedang di Indonesia. Kenapa dia mendadak jadi cengeng? Saya pikir Miss Sorbonne itu telah ditempa dengan banyak kepahitan hidup dan mestinya jauh lebih kuat, bukannya menye-menye mellow gak jelas saat menghadapi Alam.

Typo yang agak mengganggu saat Rama ditulis sebagai putri Aji (lupa halaman berapa) padahal kan putra.

Satu lagi pertanyaan gak penting, emangnya tahun 65-an Led Zeppelin heitss banget ya??

 

%d bloggers like this: