«

»

Jan 04

Sembuhkan Flu Pada Ibu Hamil*

Malam Tahun Baru 2016 kemarin gak kemana-mana. Selain karena hujan, juga karena saya kena flu berat sejak Kamis siang. Bersin gak berhenti-berhenti, hidung mampet, kuping sakit karena terlalu semangat pas bersihin hidung, ditambah lagi sedikit sakit kepala 🙁 Hiks.. sedih banget gak, sih.. Padahal tadinya pengen begadangan dan liat kembang api di malam tahun baru… Tapi apa daya, jam 8 malem udah tepar.

Mau minum obat juga gimana ya, secara kondisi saya kan gak memungkinkan minum obat, apalagi obat warung. Agak kuatir juga sih, takutnya virus flu-nya mengganggu janin, jadi saya juga kan mesti cepet-cepet sembuh. Duh, sempat gundah-gulana, lho..

Setelah browsing sana-sini, akhirnya saya menetapkan hati untuk menyembuhkan diri tanpa obat 🙂 Hm… moga-moga berhasil, nih.

1. Setiap malam, balur seluruh badan dengan minyak kayu putih

Secara yah, rumah saya kan deket gunung, jadi kalo malem dinginnya ampun-ampunan. Jadi suwami mengharuskan saya selalu tetap hangat. Salah satunya dengan cara membalur seluruh badan termasuk telapak kaki dengan minyak kayu putih. Istilah dia sih, diblonyo. Lumayan lho, tidur jadi lebih nyenyak karena badan rasanya hangat. Abisan kalo pake selimut, biasanya pas bangun selimutnya udah entah ada di mana. Kalo bukan saya yang nendangin, biasanya sih si Kunyil, hehehe.

2. Banyak minum hangat

Paling penting sih, banyak-banyak minum air putih. Saya bisa habis sekitar 2 liter kalo lagi sakit begini. Biasanya mah kurang, hahahaha.  Nah,  kalo bisa sih minumnya air putih hangat, supaya ke perut juga enak. Boleh banget diselang sama minuman lain, kok. Misalnya aja teh hangat, atau seduhan jahe panas. Saya sih paling suka minum seduhan jahe, karena bikin hidung plong, lho. Kebetulan kan saya punya bubuk jahe alami yang siap seduh. Kadang saya tambah gula sesuai selera, diminum sehari dua kali. Enak banget ke hidung, gak terlalu mampet jadinya. Badan juga hangat. Enak enak enak 🙂

3. Minum madu asli

Udah tau dong, khasiat madu? Mestinya emang jangan nunggu sakit baru konsumsi madu, ya. Dulu mah saya rajin banget minum 2 sendok makan madu setiap pagi. Sekarang aja lagi kumat pemalesannya. Tapi supaya gak kekurangan energi untuk ngelawan virus jahat, konsumsi madu bagusnya sih jangan ketinggalan. Saya pakai madu ini untuk pengganti gula di seduhan jahe, dan pakai madu juga untuk olesan di roti. Nyam nyam nyam. Enak dan berkhasiat!

4. Perbanyak konsumsi buah dan sayuran

Buah dan sayuran juga gak boleh ketinggalan. Malah kalau bisa ditambah porsinya. Iyalah, kan kita butuh semua jenis bantuan untuk ngelawan si virus flu ini, dan berdasar pengalaman saya sih, buah dan sayuran top banget buat menghalau virus. Kalau kenyang atau begah makan buah potong, dijus aja. Saya paling gak bisa makan jeruk kalau bentuknya buah jeruk. Tapi, kalau dibikin jadi jus peras murni, bisa abis 4 butir jeruk sekaligus, lho, dalam sekali minum 🙂

5. Tidur cukup

Percuma makan segala macam vitamin atau makan makanan yang sehat kalau tetep begadangan pas sakit. Jadi, istirahat yang cukup is a must. Paling nggak delapan jam sehari, deh. Soalnya saya pernah baca, pada saat kita tidur itu sel-sel tubuh melakukan regenerasi pada sel yang sudah rusak, dan memperbaiki metabolisme. Gak hanya itu aja manfaatnya, masih banyak lagi seperti meningkatkan daya tahan tubuh, mengoptimalkan detoksifikasi, dan sebagainya. So, tidur cukup ini WAJIB banget masuk to do list terutama saat kita sakit, ya. Pas saya sakit kemaren itu total jam tidur saya sempat nyampe 10 jam, lho, hihi. Ini mah kecampur sama kebluk kali, ya 🙂

6. Rajin cuci tangan

Tips yang ini saya dapat dari suster di rumah sakit waktu si Kunyil baru lahir, dan saya kena flu juga. Susternya bilang, kalau sedang flu harus rajin cuci tangan. Soalnya kan secara gak sadar suka pegang-pegang hidung, nutup mulut pas bersin, nah… ada kemungkinan virusnya nempel di tangan dan jari tangan. Jadi harus rajin cuci tangan. Apalagi kan ada bayi, sebelum pegang bayi, suster bilang WAJIB CUCI TANGAN terlebih dulu. Takutnya kan virus ntar nularin ke orang yang kita pegang, trus orangnya kena flu, trus dia gantian nularin flu lagi ke kita, laaaaaahh… kapan sembuhnya ini? Yang ada cuma ganti-gantian flu aja.

Hari ini saya masih pilek sedikit, tapi hidung udah gak mampet. Semoga besok-besok mah udah sembuh, ya 🙂 Aamiin…

10 comments

Skip to comment form

  1. sondangrp

    Toss yang ngandelin air rebusan jaheee! Iya bener ini manjur banget, aku suka tambahin gula merah *mahal di siniiii hiks* .Bener tuh, tiduuuur itu penting. Beauty sleep aja deh dipenuhin hihi aku ngutang banyak beauty sleep pas perjalanan jkt-bandung 6 bulan, kubayaaar di sini beserta bunganya ahahahah

    1. pipitta

      aku malah belum nyoba nih yang pake gula merah 😛 terlalu cinta ama gula putih.. puas-puasin lah bobo siang di sana.. siapa tau nanti jadi barang langka hahahaaha

  2. santi

    lekas sembuh, mbak… semoga gak sakit-sakit lagi selama masa hamil… memang repot kalau lagi hamil dan menyusui ya mbak…

    1. pipitta

      terima kasih yaaaaaa 🙂

  3. Tarry KittyHolic

    Sakit saat hamil itu susah ya Mbak, mau sembarangan minum obat takut pengaruh sama Janin. thanks sharingnya Mbak 🙂

    Dulu waktu hamil saya flu pas kurang 2 minggu sebelum HPL. Niatnya mau periksa malah disuruh Caesar hari itu juga karena posisi bayi melintang. 🙁

    1. pipitta

      hwaduhhh…. kok syerem?? kebayang cuma mau periksa aja, ehh mesti SC hari itu juga?

  4. Aprie

    Obat flu paling ampuh buat saya, air jeniper (jeruk nipis peres) hangat sebelum sarapan Mbak. 3 hari diminum berturut2 langsung sembuh.

    1. pipitta

      oh ya.. mau juga ah coba.. 🙂

  5. Lidya

    semoga cepet sembuh ya flunya. Bayak istirahat ya

    1. pipitta

      terima kasih ya mak lidya 🙂

Comments have been disabled.

%d bloggers like this: